This blog is under construction. Sorry, if the look of this blog bother you. Thank you.
June 19, 2014

Membuat Efek Label Teks Realistis

Sebenarnya, saya bingung untuk menentukan judul untuk sebuah tutorial Inkscape di posting ini. Mungkin dengan judul "Membuat Efek Label Teks Relistis di Inkscape" atau "How to Make a realistic text labels in Inkscape" cukup. Mungkin ada teman yang menyarankan, silahkan sampaikan saran anda di kolom komentar di bawah ini. Jika teman-teman bisa usul, mungkin saya akan tambahkan sebagai kata kunci di postingan. Agar teman lain bisa menelusuri, di mesin pencari. Oke baiklah, kita lanjutkan. Dalam membuat efek teks yang realistis, kita perlu menggunakan tool-tool sederhana seperti rectangle tool, text tool, opacity, blur, fill and strike, edit path, dan lainnya (teman-teman dapat lihat dalam video tutorial dibawah ini). Dengan itu, kita dapat membuat efek inkscape seperti di bawah ini.

Membuat efek label teks realistis di inkscape atau How to make a realistic text labels in Inkscape

Cukup mudah bukan? Kalau masih bingung mari kita simak video tutorialnya saja. Gambar ini, saya dapat dari group Facebook CorelDRAW. Ada seseorang yang ingin mengetahui bagaimana membuat efek label teks seperti ini. Apalagi salah satu anggota Inkscape Indonesia ada juga yang menanyakan hal serupa tapi di inkscape bukan di CorelDraw. Ketimbang pamer karya, lebih baik saya mendokumentasikan tutorial sederhana. Alangkah baiknya juga, teman-teman yang mempunyai ide kreatif jangan hanya menghasilkan karya saja. Tapi juga didokumentasikan. Oke?

Berikut adalah [Video Tutorial] How to Make a realistic text labels in Inkscape


Bagaimana? Siap untuk mempraktekannya. Kalau sudah bisa, coba gunakan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Mungkin karya desain grafis anda lebih baik dari yang ini. Selamat belajar. Semoga artikel sederhana ini dapat memajukan pengguna Inkscape khususnya di Indonesia.... Go Open Source...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membuat Efek Label Teks Realistis

7 comments:

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Terima kasih banyak, Kang. Akang terus menerus melakukan membuat proof of concept.

    ReplyDelete
  2. O, ternyata efek bayang-bayang miring simetris di bawah kertas yang selama ini membuat saya penasaran itu bisa diterapkan pakai Envelope Deformation pada Path Effent Editor di Inkscape, toh? Saya hanya tahu dari akang sore ini. Terima kasih, pengajaran akang tidak akan saya lupakan.

    PS: saran saya, jangan beri musik dalam video. Kalau memang akang ingin memberi tutorial tanpa suara, biar apa adanya tanpa musik. Ia mengganggu konsentrasi pemirsa.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya ada tool-tool hebat yang belum saya gunakan di inkscape... Salah satunya path effect editor, banyak sekali efek-efek selain envelope tersebut...

    Oke, terima kasih atas sarannya... Lain kali saya tidak akan menambah musik mas dalam video tutorial...

    ReplyDelete
  4. Walhamdulillah, walhamdulillah. Semoga Allah membalas kebaikan dan jasa-jasa akang.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Kang, kalo bisa, buat Tutor (Di Web DN) tentang cara buat teks retak / terbelah dua.

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, dan juga, kalo bisa kasih tutor yang sederhana saja dulu, misalnya cara mengubah ukuran layer yang saya masih gak tau caranya *plaak*, cara nambah plug in atau skrip tambahan pada Inkscape/ GIMP, dll, dll.

      hanya saran saja, semoga menginspirasi, haha :v

      Delete