Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Desain Stempel di Inkscape

Desainew - Stempel, pasti anda tidak asing dengan ini. Disini saya tidak menjelaskan bagaimana cara membuat alat stempelnya. Tapi bagaimana cara membuat desain vektor stempelnya. Sebenarnya cukup mudah untuk membuat desain vektor stempel ini. Rata-rata bentuk desain stempel di sekitar kita berbentuk lingkaran maupun oval. Sebenarnya desain stempel tidak mengacu pada bentuk lingkaran ataupun oval. Bisa saja bentuk lain yang tak kalah bagus seperti di link ini. Namun, pada postingan kali ini kita akan membuat desain vektor stempel dengan bentuk dasar lingkaran. Hasilnya dapat anda lihat pada gambar bawah ini...
tutorial desain vektor stempel di inkscape, vector stamps design tutorial in inkscape

Baiklah, berikut tutorial desain vektor stempel di inkscape. Jika ingin melihat versi video tutorialnya silahkan ke http://youtu.be/RoI9wQEbby8

1. Buat lingkaran sempurna dengan stroke/garis berwarna merah tanpa fill (lihat gambar bawah), serta persegi panjang dengan ukuran seperti gambar bawah. Persegi panjang 450x100 px hanya stroke/garis berwarna merah (RGBA = c83737ff) tanpa fill, sedangkan persegi panjang 430x80 px fill berwarna merah (RGBA = c83737ff) tanpa stroke/garis.
circle for stamps in inkscape

2. Lalu ubah posisi objek diatas menjadi rata tengah semua. Gunakan bantuan Align and Distribute.
align and distribute in inkscape

3. Nah, disini kita akan membuat tulisan di objek persegi panjang. Sebelum itu, ubah objek persegi panjang dengan fill merah tanpa stroke/garis ke path. Caranya klik objek tersebut lalu pilih menu Path - Object to Path. Anda dapat melihat perbedaannya.
stamp vector corel draw, adobe illustrator

4. Lalu buat teks "EXCLUSIVE" dengan ukuran font 73, jenis hurufnya disini saya pakai Bree Serif (bisa didapatkan di Google Font). Ubah ke posisi tengah terhadap objek persegi panjang. Gunakan bantuan Align and Distribute. Ubah objek teks ke path caranya dengan klik teksnya lalu pilih menu Path - Object to Path, kemudian pilih menu Object - Ungroup, lalu pilih menu Path - Union. Seleksi objek persegi panjang dengan fill merah tanpa stroke dengan objek teks yang berbentuk path. Lalu pilih menu Path - Difference.
text on stamp in inkscape

5. Disini kita akan membuang bagian garis lingkaran yang ada di dalam objek persegi panjang. Klik objek persegi panjang dengan stroke/garis berwarna merah tanpa fill lalu Ctrl+D untuk duplikat objek. Lalu beri warna fill kuning (lihat gambar bawah)
vector stamps tutorial

6. Sebelum menghapus/membuangnya. Kita satukan terlebih dahulu objek-objek lingkarannya. Pertama ubah stroke/garis pada semua lingkaran bergaris merah ke path (karena hanya dalam bentuk garis tanpa fill) caranya seleksi semua objek lingkaran (lihat gambar bawah sebelah kiri), pilih menu path - Stroke to Path. Lalu pilih menu Path - Union (hasilnya lihat gambar bawah sebelah kanan)
vector stamps tutorial in corel draw, adobe illustrator

7. Lalu seleksi objek persegi panjang dengan fill kuning dengan objek lingkaran yang telah disatukan. Pilih menu Path - Difference.
vector stamps

8. Disini kita akan membuat teks melingkar mengikuti bentuk lingkaran. Pertama buat teks "UNLIMITED" dengan ukuran teks 57, jenis huruf Bree Serif, serta Spacing between letters (jarak antar huruf) 1.5px dan juga buat lingkaran dengan stroke/garis berwarna biru tanpa fill dengan ukuran 277x277 px. Ubah letak lingkaran bergaris biru itu ke tengah-tengah. Anda dapat menggunakan bantuan Align and Distribute. Setelah itu, kita dapat mengubah teks melingkar caranya seleksi teks dan objek lingkaran bergaris biru itu lalu pilih menu Teks - Put on path (hasilnya dapat dilihat gambar bawah sebelah kanan)
circle text for stamp design

9. Hasil teks yang melingkar memang tidak bisa otomatis ke tengah. Agar bisa rapi ke tengah, caranya dobel klik lingkaran bergaris biru tersebut lalu putar salah satu sudutnya.
rotate vector stamps

10. Jika sudah dirasa pas ke tengah, kita ubah objek teks ke path. Caranya klik objek teks lalu pilih menu Path - Object to Path, kemudian pilih menu Object - Ungroup lalu pilih menu Path - Union. Dan juga ubah warna fill teksnya ke merah (RGBA = c83737ff). Disini kita dapat menghapus lingkaran bergaris birunya.
edit path on inkscape, corel draw, adobe illustrator

11. Disini kita akan membuat teks melingkar ke bawah. Buat teks "EDITION" dengan ukuran huruf 57, jenis huruf Bree Serif, serta Spacing between  letters (jarak antar huruf) 20px dan juga buat lingkaran dengan stroke/garis berwarna hijau tanpa fill dengan ukuran 358x358 px. Ubah letak lingkaran bergaris hijau itu ke tengah-tengah. Anda dapat menggunakan bantuan Align and Distribute. Setelah itu, kita dapat mengubah teks melingkar caranya seleksi teks dan objek lingkaran bergaris hijau itu lalu pilih menu Teks - Put on path (hasilnya dapat dilihat gambar bawah sebelah kanan).
circle text on inkscape
Teks ini kita akan letakkan dibagian bawah, jika diputar akan terbalik (gambar atas sebelah kanan). Untuk mengatasinya gunakan flip horizontal (tekan H pada keyboard). Teks yang melingkar akan pindah ke dalam lingkaran dan tentunya tidak terbalik.

12. Hasil teks yang melingkar memang tidak bisa otomatis ke tengah. Agar bisa rapi ke tengah, caranya dobel klik lingkaran bergaris hijau tersebut lalu putar salah satu sudutnya.
rotate tool in inkscape

jangan lupa kita ubah objek teks ke path. Caranya klik objek teks lalu pilih menu Path - Object to Path, kemudian pilih menu Object - Ungroup lalu pilih menu Path - Union. Dan juga ubah warna fill teksnya ke merah (RGBA = c83737ff). Disini kita dapat menghapus lingkaran bergaris hijaunya (hasilnya dapat dilihat gambar atas sebelah kanan). Anda dapat menambahkan objek bintang.

13. Pada bagian ini, kita dapat menambah efek grunge. Caranya cukup mudah, ubah objek-objek stempel ke path. Sebelum itu masih ada stroke/garis yakni objek persegi panjang bergaris merah tanpa fill. Ubah ke path dengan cara klik objek tersebut pilih menu Path - Stroke to Path. Baru kita dapat menyatukan objek stempelnya. Seleksi semua objek stempelnya pilih menu Path - Union. Baru kita letakkan objek vector grunge diatas objek stempel. Jika sudah klik objek stempel dan grungenya pilih menu Path Difference. Cara ini sama seperti pada posting Membuat efek vintage dan grunge di Inkscape.
grunge effect for stamp design

Gimana cukup mudah bukan, anda dapat menambah variasi sendiri untuk desain vektor stempelnya. Cukup itu saja, jika masih bingung silahkan bertanya lewat kotak komentar bawah ini.


Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

6 comments for "Tutorial Desain Stempel di Inkscape"

  1. Alhamdulillah.. terimakasih tutorialnya Mas,, webnya bagus,, numpang belajar Inkscape sama gimp disini.. sekalian nitip lapak boleh ya :)

    http://rumahhumairoh.com/

    ReplyDelete
  2. makasih banyak gan buat informasinya,, nice pos and good job.

    http://acemaxsok.com/obat-herbal-benjolan-di-tangan/

    ReplyDelete
  3. makasih mas tutorialnya, keren.

    ReplyDelete
  4. Saya pake path difference kok nggak bisa ya? Padahal sudah saya seleksi dua obyeknya. Triknya gimana yah?

    ReplyDelete
  5. keren , kemaren saya juga baca cara membuat teks melingkar di inkscape disini
    http://www.backupilmu.com/2016/08/membuat-teks-melingkar-di-inkscape.html ternyata bisa dibuat lebih keren seperti tutorial di sini, mantap

    ReplyDelete