Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencoba Gradient Mesh di Inkscape

Desainew.com - Sebenarnya saya telah mengetahui tentang gradient mesh tool yang ada pada software tetangga (yang saya tahu saat itu dari produk Adobe Illustrator). Namun saat itu saya tidak berminat akan hal itu. Meski sesekali mencoba efek seperti gradient mesh di inkscape sudah pasti saya menggunakan fitur blur lalu clipping objek. Apalagi sampai sekarang desain flat (Flat Design) masih berjaya sejak tahun lalu. Baru kali ini saya mencoba fitur gradient inkscape ternyata bisa, meski minim fitur. Namun ini cukup mengobati para pengguna inkscape yang ingin menikmati gradient mesh di inkscape. Dengan gradient mesh ini, kita bisa membuat efek gradient lebih realistis. Misalnya kita bisa membuat desain grafis buah, perkakas, wallpaper dan lainnya.


Secara default, fitur gradient mesh di inkscape berstatus disable. Meski kita mencoba lewat menu maupun keyboard. Entah kenapa pihak developer tidak mengaktifkan fitur ini? Saya juga belum mengerti. Jika anda menggunakan fitur ini jangan harap file svgnya bisa dibuka di browser karena tidak bisa. Saat saya buka di file manager juga sama. Jika di file svg tersebut misal ada teksnya, yang terlihat hanya teks saja. Akan tetapi kita masih bisa mengeksportnya ke PNG (format bitmap).

Baiklah kita akan mengenable fungsi gradient mesh ini di inkscape. Di sini saya memakai inkscape versi 0.91. Saya masih belum mencoba versi dibawahnya. Seperti bisa, berdasarkan refernsi dari inkscape forum. Pastikan inkscape ditutup terlebih dahulu.

1. Buka dan edit file "default.xml" yang terdapat dalam folder /usr/share/inkscape/keys dengan cara ketik

sudo gedit /usr/share/inkscape/keys/default.xml

Nanti ada kode-kode ala bahasa xml... Nah masukkan kode berwarna biru ini tepat diatas <!-- Zoom --> jadi nanti seperti ini

<!-- Tools -->
...
<bind key="m" modifiers="Ctrl" action="ToolMesh" display="true" />
<bind key="m" modifiers="Alt" action="Mesh_Prefs" display="true" />
<bind action="MeshPrefs" />
<!-- Zoom -->

2. Nah, pada kode sebelumnya sudah terlihat, bahwa untuk mengaktifkan Gradient Mesh harus menekan Ctrl+M di keyboard. Baiklah kita coba buka inkscape. Lalu buat gambar kotak dengan ukuran terserah.


3. Klik objek kotak itu, lalu tekan Ctrl+M di keyboard nanti ada pilihan icon disebelah kiri (lihat gambar dibawah yang ditandai) diantaranya "Create mesh gradient" dan "Create conical gradient". Dalam praktek kali ini, kita pilih gradient mesh saja. Sedangkan untuk Rows dan Columns isikan angka "1". Lalu klik/double klik pada objek kembali. nanti akan muncul mesh baru. Coba anda beri warna setiap sudut mesh (pada node-node segi empat) dengan warna berbeda. Hasilnya akan seperti gambar berikut.


4. Disini anda bisa coba tambah meshnya, dengan cara klik objek kotak, lalu CTRL+M. isikan Rows = 3, Colums = 3. Klik kembali pada objeknya. Coba anda beri warna yang berbeda.



Gimana? mudah bukan. Untuk conical gradient anda bisa mencobanya sendiri. Cukup itu saja. Saya mau mencoba efek lainnya. Terima kasih...



Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

5 comments for "Mencoba Gradient Mesh di Inkscape"

  1. 1:Thank you for your help
    2:pliz tutorial kita
    3:how to disegn web site in gimp & inkscape

    ReplyDelete
  2. mau tanya. Kenapa di Inkscape punyaku nggak muncul efeknya pas lagi mainin Gradient Mesh?
    Padahal sudah saya aktifkan fungsi Gradient Mesh-nya di default.xml. Mohon pencerahannya, terima kasih
    *Info : InkScape yang saya gunakan versi 0.91 r13725

    ReplyDelete
  3. Maksudnya saat pewarnaan gradient tidak bisa? Apa sudah mengaktifkan Ctrl+M ?
    Sebagian besar, teman-teman bisa kok... Mungki ada bagian yang terlewatkan :D

    ReplyDelete
  4. mas irfan untuk di windows sama juga kah? belum nyoba sih, ini bagus warnanya

    ReplyDelete
  5. mas, setelah tampilan kotak berubah jadi gradient, cara mengganti warna sudutnya seperti apa?

    apa yang di tekan..

    mohon pencerahan

    ReplyDelete