This blog is under construction. Sorry, if the look of this blog bother you. Thank you.
March 1, 2015

Cara Menyimpan Custom Crop Preset di Gimp

Desainew - Ketika anda mengolah suatu foto pastilah akrab dengan Crop Tool baik yang ada di software kelas Adobe Photoshop maupun di Gimp. Dengan Crop Tool ini kita dapat memotong bagian suatu foto. Biasanya Crop Tool ini digunakan untuk membuat ukuran pas foto (seperti ukuran 2x3, 3x4, 4x6, dan lainnya) dan ukuran foto dalam "R" (biasa kita kenal dengan sebutan ukuran 2R, 3R, 4R, dan lainnya). Dalam menggunakan Crop Tool ini kita bisa menggunakan ukuran custom sesuai ukuran yang kita kehendaki bukan asal tarik geser dengan mouse. Jadi ukuran foto hasil cropping sudah pas.

Saving custom crop preset in gimp ala adobe photoshop

Biasanya bagi yang sudah terbiasa menggunakan software Adobe Photoshop, dapat menyimpan beberapa hasil cropping dengan ukuran berbeda. Jadi saat melakukan cropping pada foto lain, kita tak perlu membuat ukuran crop secara manual sehingga cukup menyita banyak waktu. Tinggal pilih ukurannya, lalu crop.
custom crop preset Adobe Photoshop

Nah, bagaimana kalau di Gimp? Apakah fitur untuk menyimpan beberapa hasil cropping layaknya Adobe Photoshop? Jawabannya tentu saja bisa. Dalam posting ini sekaligus menjawab pertanyaan mas Dede Mulyana di Komunitas Gimp dan Inkscape.

Mungkin bagi pengguna yang terbiasa menggunakan Adobe Photoshop agak bingung saat menggunakan Gimp. Meski di Gimp ada fitur Crop Tool, tapi tidak dapat menyimpan custom cropnya. Nah, disini kita dapat memanfaatkan Rectangle Select Tool dan Path Tool untuk bisa kita simpan nantinya layaknya di Adobe Photosop. Sehinnga saat kita melakukan cropping pada foto lain, tak perlu membuat ukuran kotak cropping secara manual karena itu tidak efisian.

Oke, anda mungkin tak sabar melihat tutorial penerapan custom size cropping dan bagaimana menyimpannya. Berikut tuorialnya :

1. Buka Software Gimp (bukan Photoshop ya...). Buka gambar/foto terserah, karena ini hanya sebagai sampel saja. Oke, setelah terbuka seleksi bagian foto terserah dengan menggunakan Rectangle Select Tool, dengan ukuran 2x3 (lihat kotak merah pada bagian bawah).
rectangle select tool di gimp

2. Buka tab Paths, lalu klik icon "Selection to path" (lihat gambar bawah). Mengapa kita melakukan ini? karena kita akan mengubah seleksi tadi ke Path yang nantinya Path tersebut dapat disimpan. Setelah kita klik icon tersebut nanti akan muncul path baru (seperti layer, bisa lihat tanda panah). Ubah namanya sesuai ukuran misal 2x3.
Convert Selection to path

3. Buat juga ukuran foto 3x4, 4x6, 6x9, dan sebagainya. Langkahnya sama persis seperti langkah 1 dan 2
some selection to path

Sampai pada langkah ini kita telah membuat path dengan ukuran seperti gambar dibawah. Kita bisa mengaktifkan icon mata pathnya agar kita bisa melihat tampilan kotak ukuran yang tadi kita buat.

4. Nah, disini kita dapat menympan hasil path yang kita buat berdasarkan ukurannya. Caranya klik kanan salah satu path, lalu pilih "Export Path"
saving or export custom path from selection in gimp

Nanti akan muncul jendela untuk mengekspor Path ke SVG. Sebelum menyimpan pastikan anda memilih opsi "Export all paths from this image" lalu klik "Save"
Saving path in gimp

5. Kita coba dengan foto baru, disini saya memakai foto atau gambar kota. Kita pilih tab Paths, disitu path kosong alias tidak ada. Disini kita akan mengimport path tadi yang telah disimpan. Caranya klik kanan pada kotak Paths, lalu pilih "Import Path"... Pilih path yang sebelumya kita simpan. Nanti akan muncul path-path baru seperti yang ditandai garis lingkaran merah dibawah ini.
Import path in Gimp

Coba kita aktifkan icon mata pada masing-masing path.
Preview path in gimp

6. Nah, disini bagaimana cara memindah letak path tersebut. klik salah satu path misal path dengan nama 6x9 (Uncheck icon mata pada path ukuran lain agar lebih mudah pengerjaannya, dan kita bisa fokus pada path 6x9). Lalu pilih Move Tool, klik icon "move path", serta pilih opsi "Move the active path" (lihat gambar bawah yang ditandai kotak merah). Sampai disini kita dapat memindahkan letak pathnya.
Moving path in Gimp

7. Setelah memindahkan/move, klik icon "Path to Selection" yang berfungsi untuk mengubah Path menjadi seleksi.
How to Path to selection in Gimp

8. Lalu klik menu Image - Crop to Selection. Sehingga hasilnya jadi seperti dibawah ini.
How to cropping image or foto in Gimp

Bagaimana? cropping di Gimp mudah bukan sama seperti halnya Photoshop. Cuma sebagai user baru di Gimp ini, anda butuh waktu untuk beradaptasi. Meski fitur di Gimp tidak sebanyak Adobe Photoshop. Kita bisa mengakalinya dengan trik-trik sederhana. Jadi user Gimp dituntut lebih kreatif untuk melakukan seperti software kelas kakap itu. Oke, cukup disini saja postingan kali ini. Jika ada yang salah maupun kurang tolong hubungi saya. Maklum saya masih newbie... Sampai jumpa pada postingan selanjutnya...



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyimpan Custom Crop Preset di Gimp

3 comments:

  1. ini yang ane tunggu dari dulu... muter muter di google blum ktmu juga.. thaks buat agan yang kreatif dan udah berbagi ilmu... smoga tambah berkah.. aamiin

    ReplyDelete
  2. Tpi DPI nya tetep 72 ya mas, gmn cara ketika di crop berubah menjadi 300dpi, karena biasanya untuk cetak pas foto mengharuskan 300dpi agar kualitas cetakan bagus.

    ReplyDelete
  3. Sebelum buat seleksi kotak yang akan dijadikan path... buat dokumen dengan DPI 300...
    Nanti pathnya ukurannya mengikuti 300 DPI...

    ReplyDelete