Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Efek Teks LED Screen di Gimp

Desainew - Pada postingan sebelumnya kita membahas tutorial efek halftone di Gimp. Dan sekarang masih berkutat dengan Gimp, kita akan belajar membuat efek teks LED Screen. Efek teks ini terinspirasi dari tutorial Adobe Photoshop. Disini saya telah mengadaptasikannya ke Gimp. Anda pasti mengetahui teks LED Screen di sekitar kita, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Pasti tidak asing dengan ini. Biasanya digunakan sebagai petunjuk jalan, promosi, iklan, dan lainnya. Jika kita melihat dekat, kita bisa melihat teks-teks tersebut disusun oleh pixel-pixel kecil sehingga membentuk teks. Nah, disini kita akan membuat efek tersebut di software Gimp. Caranya cukup mudah, sebelum membuat efeknya, kita buat terlebih dahulu patternnya. Karena secara default, Gimp tidak menyertakannya. Setelah dibuat patternnya, kita dapat menjadikannya sebagai background. Dan kita tambahkan teksnya. Dan hasil finalnya seperti dibawah ini.

LED Screen Text Effect Tutorial in Gimp Adobe Photoshop

Mungkin anda masih bingung dengan ringkasan pembuatan LED Screen Text Effect di Gimp ini. Oke, kita simak tutorial pembuatannya. Jika anda ingin melihat versi video tutorialnya silahkan menuju ke https://youtu.be/xsuRqVm96NE

1. Langkah pertama buka Gimp nya. Lalu kita buat patternnya. Caranya buat lembar kerja baru di menu File - New atau Ctrl+N. Setelah terbuka jendelanya. Isikan Width = 130px dan Width = 130px. Kemudian klik Ok. Lihat layer dengan nama Background, ubah namanya ke "BG White"

Create a New Image in Gimp Adobe Photoshop

Rename layer in Gimp

2. Buat layer baru dengan klik icon New Layer atau Ctrl+Shift+N dengan nama RGB Color. Untuk layer fill typenya, kita pilih opsi transparancy. Lalu klik Ok.

Create a New Layer in Gimp

3. Aktifkan Gridnya dengan cara pilih menu View - Show Grid. Aktifkan juga snapnya caranya pilih menu View - Snap to Grid. Berikut tampilan lembar kerja dengan grid.

Show Grid and Snap to Grid in Gimp

4. Klik icon Rectangle Select Tool atau tekan R. Pada tab Tool Options, centang Rounded corners. Isikan radiusnya sebesar 16. Buatlah sebuat kotak dengan rouded seperti gambar dibawah ini (Gunakan bantuan grid, yang otomatis snap terhadap grid). Beri warna merah dengan kode warna fe4b22. Gunakan Bucket Fill Tool (Shift+B) untuk memberi warna Fill pada area yang telah diseleksi.

Rectangle Select Tool and Bucket Fill Tool

5. Buat juga kotak lain disampingnya seperti yang kita lakukan pada langkah sebelumnya. Namun dengan urutan warna merah, biru (345dff), hijau (7cf85a), merah karena kita akan membuat warna RGB. Hasil nantinya akan seperti ini.

RGB Color for Pallete

6. Buat layer baru (Ctrl+Shift+N) dengan nama BG Black. Klik Ok. Lalu fill layer itu dengan warna hitam (000000).

Add New Layer in Gimp

7. Pindahkan layer BG Black tepat dibawah layer RGB Color. Nonaktifkan layer BG black agar saat seleksi nanti gridnya terlihat.

Layer Position in Gimp

8. Buat seleksi dengan rectangle select tool (R) seperti gambar dibawah ini. Uncheck Rounded cornernya.

Rectangle select tool with rounded

9. Aktifkan kembali layer BG Black. Hapus layer BG White. Sehingga hanya ada layer RGB Color dan layer BG Black. Pilih menu Layer - Merge Down. Kedua layer akan menjadi satu.

Merge Layers in Gimp or Flatten Image

10. Masih dalam keadaan terseleksi. Pilih menu Image - Crop to Selection. Fungsinya kita crop berdasarkan seleksi yang telah kita buat. Hasilnya akan seperti dibawah ini.

Crop to selection in Gimp

11. Hilangkan seleksinya dengan pilih menu Select - None. Lalu nonaktifkan Gridnya dengan pilih menu View - Show Grid. Lalu kita atur ukuran kanvasnya. Pilih menu Image - Canvas Size. Isikan Width = 90px dan Height = 100px. Klik tombol Center. Agar rata tengah. Kemudian klik Resize.

Set Image Canvas Size in Gimp

12. Pilih menu Layer - Layer to Image Size. Agar ukuran layer sama dengan ukuran gambar.

13. Kita ubah ukuran gambarnya. Pilih menu Image - Scale Image. Isikan Width = 6px dan Height = 7px. Lalu klik Scale.

Scale Image in Gimp

14. Seleksi semua dengan pilih menu Select - All atau tekan Ctrl+A. Lalu copy dengan tekan Ctrl+C. Otomatis akan masuk sebagai Pattern (lihat tab Pattern)

Create Pattern from image in Gimp

15. Setelah kita membuat pattern. Kita buat lembar kerja baru, dengan cara pilih menu File - New (Ctrl+N). Pada bagian Template, pilih ukuran 1024x768. Lalu klik Ok.

Create a New Image or Document

16. Ubah nama layer Background dengan nama BG Pattern. Lalu drag Pattern yang telah kita buat ke lembar kerja.

Pattern as Background

17. Buat layer baru dengan nama BG White. Layer fill type pilih opsi White. Lalu klik Ok. Ubah mode layer ke Grain Extract.

Mode layer in Gimp

18. Klik layer BG Pattern. Lalu pilih menu Colors - Brightness and Contrast. Isikan kolom Contrast dengan angka -100. Lalu klik Ok.

Brightness and Contrast in Gimp

19. Buat Teks dengan klik icon Text Tool atau tekan T. Disini saya memakai jenis font Bree Serif dengan ukuran 114px dengan warna hitam. Agar terlihat teksnya, nonaktifkan layer BG Pattern (lihat gambar)

Add text in Gimp

20. Aktifkan layer BG Patternnya. Klik layer teks, ubah mode layernya ke Divide. Hasilnya sudah hampir mirip seperti LED Screen Effect.

Mode Layer Divide in Gimp

21. Agar hasilnya lebih realistis, gunakan fitur blur. Pilih menu Filters - Blur - Gaussian Blur. Pada bagian Blur Radius, isikan 10px pada kotak Horizontal dan Verticalnya. Lalu klik Ok.

Gaussian Blur in Gimp

Selanjutnya pilih menu Filters - Blur- Motion Blur. Pada bagian Blur Parameters, Length = 19 sedangkan Angle = 90 Lalu klik Ok. Dan Hasilnya...

Motion Blur in Gimp

Hasil final LED text effect in Gimp

Cukup mudah bukan untuk membuat efek teks ini. Hasilnya tak kalah dengan kelas Adobe Photoshop. Anda juga bisa membuat efek lainnya berdasarkan tutorial Photoshop. Cukup itu saja, jika ada yang ingin ditanyakan silakan sampaikan dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih...



Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

2 comments for "Tutorial Efek Teks LED Screen di Gimp"

  1. Interesting tutorial ! Although i only understand english and german, i had no problems following the steps. Thank You !

    ReplyDelete