Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Desain Shutter Camera di Inkscape

Desainew - Sebenarnya sudah lama saya memikirkan bagaimana trik membuat desain vektor shutter camera di inkscape ini. Kalau tutorial di Adobe Illustrator dan Corel Draw mungkin sudah banyak. Akhirnya saya dapat membuat desain shutter Camera ini di inkscape dengan trik sederhana. Untuk itu saya buat posting tutorial inkscape disini. Coba lihat hasil finalnya di bawah ini.

Shutter Camera Vector Design in Inkscape Corel Draw Adobe Illustrator

Keren bukan (orangnya hehehe...)? Disini saya akan berikan langkah-langkahnya. Sebelum itu, jika anda masih belum jelas bisa kunjungi link video tutorial inkscape di https://youtu.be/YLepqFex1lI

1. Baiklah, kita mulai saja tutorial inkscapenya. Buatlah objek-objek seperti gambar di bawah ini. Agar hasilnya sama, pastikan ukuran seperti gambar ini ya... Jangan lupa dibuat rata tengah.

Circle object in inkscape

2. Setelah itu, aktifkan snap tool seperti ditunjukkan tanda panah. Buat garis/stroke dengan menggunakan bezier tool (Shift+F6) dari tanda "x" berwarna putih (titik sudut objek segi enam) sambil menahan tombol Ctrl ke tanda "x" berwarna merah (harus sejajar dengan sisi segi enam, untuk itu kita gunakan tombol Ctrl agar lurus). Buatlah sebanyak enam buah mengelilingi objek segi enam. Jangan lupa ubah Stroke Style dengan Width = 12 px

Object Properties inkscape

3. Kemudian seleksi semua garis/stroke yang mengelilingi objek segi enam. Kemudian pilih Path - Stroke to Path (ini untuk mengubahobjek garis/stroke menjadi path)

Lalu satukan dengan pilih Path - Union. Satukan lagi dengan objek segi enam dengan cara seleksi garis/stroke yang telah menyatu dengan objek segi enam, pilih Path - Union (hasilnya seperti gambar tengah).

Seleksi objek segi enam yang telah menyatu dengan objek garis/stroke (berwarna kuning) dengan objek lingkaran berwarna biru. Lalu pilih Path - Difference (hasilnya lihat bambar sebelah kanan)

Circle object

4. Langkah terakhir, beri warna seperti gambar dibawah. Disini saya mengunakan warna pelangi untuk objek sebelah kiri, sedangkan yang kanan dengan menggunakan satu warna.

Shutter Camera Design in Inkscape

Mudah bukan? Cukup itu saja untuk tutorial inkscape ini. Jika masih bingung bisa sampaikan pada kolom komentar di bawah ini...



Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

1 comment for "Tutorial Desain Shutter Camera di Inkscape"