Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menampilkan Menu dengan Icon di Desktop Gnome

Desainew - Mungkin beberapa teman tidak mengerti maksud judul post tersebut, padahal sangat penting khususnya bagi pemula atau newbie dalam belajar linux dengan desktop gnome atau unity (karena distro basis ubuntu atau gnome mempunyai pengguna banyak). Tapi bila anda menggunakan distro linux dengan desktop LXDE (atau DE lainnya tapi saya belum mencobanya), setiap menu mempunyai icon jadi pengguna dapat mengerti fungsi dari menu tersebut karena dengan icon tersebut pengguna dapat tahu fungsinya. Hal ini, juga dialami pengguna yang belajar desain grafis dengan Gimp dan Inkscape. Menu-menunya tidak menyertakan icon yang menggambarkan fungsi menu tersebut tapi berbeda bagi pengguna yang menggunakan OS Windows atau distro linux dengan desktop selain Gnome. Gambar di bawah ini adalah menu-menu Gimp dan Inkscape tanpa icon...

Tampilan menu tanpa icon di Inkscape dan Gimp

Setelah melakukan sedikit percobaan, kita dapat memanfaatkan Gnome Tweak Tool atau Advanced Settings. Kalau anda belum menginstalnya berikut bagaimana cara menginstal gnome tweak tool di Ubuntu lewat terminal (anda juga dapat instal lewat synaptic)

sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Setelah gnome tweak terinstal, buka aplikasinya biasanya di Applications - System Tools - Preferences - Advanced Settings (kalau pakai DE Gnome Classic), Kalau pakai Unity cari saja di search... Buka bagian Theme lalu pada bagian Menu have icon ubah ke On. Atau lihat gambar berikut...

Tampilan pengaturan atau Advanced Settings untuk menampilkan menu dengan Icon di Desktop Gnome

Lalu coba buka Gimp atau Inkscape atau Nautilus misalnya. Lihat menu-menunya atau menu pada saat klik kanan. Gambar di bawah ini adalah tampilan menu yang mempunyai icon.

Tampilan gambar menu dengan icon di Linux Ubuntu 12.04 (Inkscape dan Gimp)

Demikian, untuk pengaturan sederhana untuk menambahkan icon di menu (menampilkan icon pada menu) sehingga para pengguna khususnya newbie dapat mengerti fungsi menu tersebut lewat icon.






Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

6 comments for "Menampilkan Menu dengan Icon di Desktop Gnome"

  1. wah mantap nih gan , makasih udah share :)
    mampir balik yuk kalau sempet

    ReplyDelete
  2. weeh nice post,,,

    mampir d blog saya y...komen y...

    http://aji-apps.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. mantap, blognya keren, ditunggu ya kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih telah berkunjung...

    ReplyDelete
  5. wah bagus neh gan buat Debian w ^_^

    kunbal yah gan.
    http://www.belajardebian.com

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sob telah berkunjung...

    ReplyDelete