Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Mockup Cover Buku di Gimp

Desainew - Setelah bermain efek teks pada posting tutorial efek teks LED di Gimp. Kita akan bermain mockup cover buku di Gimp (Free Download Hardcover Book Mockup). Saya menulis artikel ini atas permintaan om bule yang ingin dibuatkan mockup cover buku di Gimp dengan referensi dari link kumpulan mockup cover buku versi PSD (khusus pengguna Adobe Photoshop). Akhirnya, saya tertarik untuk membuat versi XCF meski di Gimp sendiri belum ada fitur khas Photoshop yang kita kenal dengan sebutan "Smart Object". Sehingga user Photoshop tinggal copy paste dan drag desainnya. Nanti desainnya akan otomatis menyesuaikan pada mockupnya. Saya pun berpikir untuk mencari alternatif "Smart Object" tersebut. Akhirnya saya menemukan ide yang cukup sederhana, alias manual. Yakni dengan menggunakan tool "Perspective" agar terlihat perspektif sisanya hanya "Move Tool" dan "Scale Tool". Dan juga saya tambahkan suatu group layer yang berfungsi sebagai panduan saat menempelkan desain cover buku ke dalam mockup. Tidak lupa fitur layer mode berperan penting agar hasil mockupnya terlihat realistis. Berikut tampilan gambar mockup cover bukunya...

Free Download 3D Cover Book - Cover Buku Mockup Tutorial in Gimp Adobe Photoshop

Bagi saya, mockup ini sudah cukup realistis. Anda boleh menilai mockup diatas sudah realistis atau belum? Memang pendapat masing-masing orang berbeda. Namun setidaknya saya membagikan mockup cover buku ini secara gratis. Dari sumbernya (file PSD) sudah gratis, sudah tentu saya menggratiskannya. Baiklah, bagaiamana cara membuat cover bukunya? Sebelum melangkah ke tutorialnya, anda terlebih dahulu mendownload file mockupnya dibawah ini

DOWNLOAD

Berikut tutorial mockup cover bukunya. Saya juga menyertakan tutorial dalam bentuk video. Silahkan menuju ke link https://youtu.be/KegpVDTpPKk

1. Pastikan sebelum memasang desain pada mockupnya. Anda sudah punya desain cover bagian depan, samping, dan belakang (Front, Spine, and Back) dalam bentuk bitmap baik .jpg, .png, dan lainnya
Book Cover Design Vector in Inkscape

2. Buka file mockupnya dan ketiga desain cover bukunya. Kita buka desain cover bagian depan/front. Copy dengan cara seleksi semua Ctrl+A lalu Ctrl+C.

Front Cover Book Design

3. Kemudian buka file mockupnya. Buka layer grup "Book_Front_Cover" nanti akan muncul sublayer dibawahnya. Klik layer "YOUR-DESIGN-FRONT" lalu tekan Ctrl+V untuk paste.

4. Buka layer group "Guide", aktifkan layer "Front-Guide" yang nantinya digunakan sebagai panduan. Gunakan move tool (M) untuk memindah objek, Scale tool (Shift+T) untuk memperbesar atau memperkecil objek, Perspective Tool (Shift+P) untuk mengubah ukuran objek ke ukuran perspektif (pada gambar dibawah ini objek desain bukunya melebihi batas objek mockupnya. Itu memang disengaja, nanti saat kita mengubah mode layernya akan otomatis terpotong menyesuaikan mockupnya). Kalau dirasa sudah cukup, hilangkan seleksinya dengan pilih menu Layer - Anchor Layer (Ctrl+H). Dan hasilnya.
Transform, Scale, Perspective Layer in Gimp

5. Lalu ubah mode layer "YOUR-DESIGN-FRONT ke Multiply. Nonaktifkan layer "Front-Guide" karena sudah kita gunakan sebagai panduan.

Layer Mode in Gimp

6. Pada langkah ini, kita akan mengeksekusi bagian Spine atau biasa kita kenal sebagai sisi samping buku. Buka gambar Spine nya. Lalu tekan Ctrl+C untuk copy.

Spine Cover Book Design

7. Buka file mockupnya, lalu buka layer group "Book_Back_Cover", buka layer group DESIGN-BACK, klik layer "YOUR-DESIGN-SPINE" lalu tekan Ctrl+V untuk paste.

Buka layer group "Guide", aktifkan layer "Spine-Guide" sebagai panduan. Nonaktifkan layer "Book_Front_Cover" agar lebih mudah pekerjaan selanjutnya. Gunakan move tool, scale tool, dan perspective tool sehingga hasilnya seperti dibawah ini (Agar lebih mudah, nonaktifkan group layer "Book_Front_Cover"). Hilangkan seleksinya dengan pilih menu Layer - Anchor Layer (Ctrl+H).

Scale, Perspective tool in Gimp

8. Selanjutnya kita akan memasang bagian belakang bukunya. Nonaktifkan layer "Spine Guide" terlebih dahulu. Buka gambar desain buku bagian belakang. Lalu Ctrl+C untuk copy.

Back Book Cover Design

9. Lalu pindah ke gambar mockupnya. Di dalam layer group "DESIGN-BACK" klik layer "YOUR-DESIGN-BACK" tekan Ctrl+V untuk paste.

Aktifkan layer "Back-Guide". Gunakan move tool, scale tool, dan perspective tool. Pastikan hasilnya seperti gambar dibawah. Hilangkan seleksinya dengan pilih menu Layer - Anchor Layer (Ctrl+H). Nonaktifkan layer "Back-Guide"

Scale, Perspective tool in Gimp

10. Ubah mode layer "DESIGN-BACK" ke Multiply. Aktifkan Group Layer "Book_Front_Cover" Dan hasilnya...

Mode Layer - Multiply in Gimp

Mudah bukan? Meski manual, kita bisa membuat mockup yang realistis. Memang kita tidak dimanjakan fitur Smart Object. Namun, kita dapat lebih kreatif untuk menemukan cara baru agar hasilnya menyamai seperti software Adobe Photoshop. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika masih bingung, silahkan isi kolom komentar dibawah ini...
Salam open source...



Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

5 comments for "Tutorial Mockup Cover Buku di Gimp"

  1. Kalo ada mockup gini langsung keinget ama smart object di Ps. Nice share bro.

    ReplyDelete
  2. Dulu saat pakai PS cs4 belum pernah pakai smart objek... Tahunya dari youtube...

    ReplyDelete
  3. keren banget mas blognya.. Saya juga pakai Inkscape karena gratis.. :D
    Blog ini sangat membantu saya..

    ReplyDelete
  4. thanks artikelnya. blognya bermanfaat banget ^_^
    www.hairulachsan.com

    ReplyDelete
  5. tengkiu gan tutorialnya. Pas ane lagi butuh. Saya praktek dulu. Kalau ada yang ditanyain tolong dijawab nanti ya..

    ReplyDelete