Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Desain Ribbon atau Pita di Inkscape

Desainew - Setelah bermain mockup di Gimp seperti pada posting sebelumnya yakni tutorial mockup cover buku. Kita akan bermain desain vektor di Inkscape (Vector Design in Inkscape). Dalam posting kali ini, kita akan belajar membuat desain vektor ribbon atau pita di Inkscape. Mungkin anda berpikir, itu mudah saja dan hanya tinggal tarik garis saja menggunakan bezier tool. Namun, disini saya akan berbagi trik sederhana agar saat membuat vektor ribbon atau pita tidak terlalu manual. Lalu pakai apa caranya? Kita akan memakai extension Motion di inkscape. Seperti pada tutorial video long shadow efffect di inkscape. Sebelumnya saya mendapat cara ini dari grup sebelah yang anggotanya user-user CorelDraw dengan memanfaatkan Extrude tool. Karena saya disana hanya sebagai silent reader. Ketika ada ilmu baru saya bookmark dan simpan. Meski tidak punya CorelDraw karena dana belum mencukupi. Setidaknya ada cipratan ilmu (meski sedikit) yang bisa diaplikasikan di software opensource siapa lagi kalau bukan inkscape. Oke, kita lihat hasil desain vector ribbon atau pita dibawah ini.

Ribbon Pita Design Tutorial Inkscape Adobe Illustrator Corel Draw

Pada gambar hasil desain vektor diatas, saya menggunakan warna flat (mengikuti tren flat design) yakni menggunakan Material Design dari Google. Anda bisa mendapatkan palet warna Material Design disini (via github).

Jika anda ingin desain ribbon atau pita yang lebih realistis, anda bisa gunakan gradient tool. Maaf, kalau saya tidak memberikan efek gradient. Karena pada posting ini, saya fokus menyajikan artikel tentang trik sederhana. Baiklah berikut triknya...

Saya juga menyertakan tutorial dalam bentuk video, silahkan menuju link https://youtu.be/WX72EPDu_Ew

1. Buat garis seperti huruf "Z" dengan menggunakan bezier tool (Shift+F6)

Bezier Tool Inkscape, Adobe Illustrator, Corel Draw

2. Lalu pilih menu Extension - Generate from Path - Motion. Nanti akan terbuka jendelah motion. Silahkan isikan kolom Magnitude (sesuai selera anda, disini saya isikan angka 130, semakin besar angkanya efek motionnya juga semakin besar) sedangkan pada bagian Angle kita isikan angka 90. Agar hasil motionya lurus atau tegak vertikal. Kalau sudah klik Apply dan hasilnya seprti gambar dibawah ini.

Extension Motion Inscape, Extrude Corel Draw, Adobe Illustrator

3. Kemudian kita beri warna misal warna abu-abu. Setelah memberi warna, akan ada objek mengganggu hasil desain ribbon/pitanya. Untuk menghilangkannya caranya diungroup, klik objek pita itu, lalu tekan Ctrl+Shift+G untuk ungroup. Pisahkan lalu tekan delete pada objek yang mengganggu itu.

Ungroup Object

4. Ungroup pitanya lagi (Shift+Ctrl+G). Tambahkan Node di tengah pada sisi kiri ribbon/pita. Lalu geser ke kanan.

Add Nodes in Inkscape

5. Beri warna untuk bagian depan biru cerah sedangkan di bagian belakang biru gelap. Nonaktifkan Stroke Paintnya (tanpa garis tepi). Agar membentuk desain vector pita/ribbonn yang cantik. Group jadi satu semua bagian pita/ribbon dengan menekan Ctrl+G. Duplikat objek tersebut dengan menekan Ctrl+D kemudian tekan H untuk flip horizontal. Lalu gunakan bantuan Align and Distribute untuk meletakkan hasil duplikat disamping kanannya.

Flip Horizontal and Duplicate

6. Jika anda menginginkan hasil desain pita/ribbon dengan bentuk lengkungan. Anda bisa memanfaatkan Path Effect. Pastikan objek pita/ribbon dalam satu group, lalu buka jendela Path Effect dengan menekan Shift+Ctrl+7. Klik tanda "+", nanti akan muncul jendela Add Path Effect. Kita pilih Bend, lalu tekan tombol Add.

Klik icon Edit on-canvas, nanti akan muncul garis ditengah objek pita/ribbon. Anda tinggal tarik garis tengah ke bawah seperti gambar dibawah ini.

Path Effect in Inkscape

Gimana cukup mudah bukan. Jika menginginkan bentuk pita lain. Cukup mudah kok. Caranya sama seperti langkah diatas. Coba buat bentuk garis seperti dibawah ini, lalu gunakan cara seperti diatas.

Ribbon atau pita design in inkscape

Oke, cukup itu saja trik membuat desain vector pita atau ribbon di inkscape. Jika masih bingung, sampaikan saja uneg-uneg anda pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkuunjung di blog ini. Salam Open Source.



Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

8 comments for "Tutorial Desain Ribbon atau Pita di Inkscape"

  1. wahh keren ini tutornya... jadi gak repot lagi klo bikin pita....

    ReplyDelete
  2. Saya salah satu pengguna software open source, baik itu GIMP maupun Inkscape. Senang rasanya bisa nyasar ke blog ini.

    ReplyDelete
  3. Saya ingin bertanya, mas pallete material design nya download dimana ya ? saya googling dan dapat link ini https://github.com/dracs89/Material-Design-Color-Palette-for-Inkscape yg formatnya .gpl tapi tidak selengkap seperti punya mas .. boleh saya minta link pallete punya mas irfan ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. @irfanberbagi, hehehe ini sederhana, hasil jiplak dari grup sebelah mas :D

    @Sugeng Riyadi, Ada Mas Sugeng mampir di blog saya :D Baru tahu kalau mas Sugeng pengguna FOSS... Semoga betah di lingkungan FOSS...

    @Aditya Putra, Sepertinya sama kok lengkapnya, ini saya dapat dari https://goo.gl/h0iEu7

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sudah share mas hehe

    ReplyDelete
  6. Hi. I very like this tutorial. Can i translate it to polish language? Of course, I'll mention the autor and link for original tutorial.

    ReplyDelete
  7. Saya baru datang, nemu link di komentar lain suatu blog... senang bisa tau tutorial ini...

    ReplyDelete
  8. work 100%.. Semoga ilmunya bermanfaat. thanks (y)

    ReplyDelete