Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instal Paket Wvdial Offline di Ubuntu 14.04 LTS

Posting kali ini kita akan belajar bagaimana menginstal paket wvdial offline tanpa ribet untuk mengkoneksikan modem USB GSM/CDMA di Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr. Saat saya memakai linux pertama kali (saat itu saya menggunakan Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin), saya cukup kesulitan mengkoneksikan modem USB (saat itu pakai modem smartfren). Kebanyakan artikel modem smartfren yang saya gunakan (tipe ZTE) yang ada di google menggunakan koneksi Wvdial. Nah, setelah terinstal OS Ubuntu fresh secara default belum terinstal wvdial. Yang menjadi masalah saya harus mencari paket wvdial offline beserta dependensinya di perangkat lain (waktu itu saya mondar-mandir ke warnet) atau nyari tempat penyedia internet gratis via WiFi tapi saya agak malas bawa laptop ke mana-mana. Dan akhirnya ada teman yang berbagi paket wvdial beserta dependensinya baik lewat blog ataupun lewat Facebook Group. Sehingga akhirnya saya bisa mengkoneksikan modem murah meriah ini di Linux.

how to install wvdial offline paket for Ubuntu 14.04

Setelah saya upgrade distro linux saya ke Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (tepatnya saya menggunakan Xubuntu 14.04) saya harus mencari paket wvdial offline dan dependensinya di internet. Waktu itu saya masih belum menemukannya. Dan ternyata, setelah ubek-ubek Simbah Google ada cara mudah untuk menginstal paket wvdial secara offline. Nah, bagaimana untuk mendapatkannya? Di dalam CD Installer ternyata sudah ada paket wvdial dan dependensinya. Jadi kita tinggal instal saja. Akhirnya saya pun bisa berinternet ria di linux.

Paket itu bisa didapatkan di direktori /pool/main/w/wvdial dan /pool/main/w/wvstreams. Copykan file yang ada di dalam kedua direktori tersebut. Lalu pindahkan ke dalam folder baru.

Setelah dijadikan satu folder, kita buka terminal lalu ketik cd nama-folder misal
cd '/home/nama-user/Documents/wvdial 14.04'

lalu ketik
sudo dpkg -i *.deb

Setelah terinstal paket wvdialnya anda dapat melanjutkan untuk koneksi modem USB baik GSM maupun CDMA untuk settingnya anda bisa lihat di google.

Untuk paket wvdial ini saya hanya mengetahui untuk distro Ubuntu saja, mungkin orang tuanya (Debian) ada. Tidak semua paket wvdial ada di CD installer. Kalau ndak salah ada versi linux yang tidak menyertakan paket wvdial di cd installernya. Cukup ini saja pengalaman saya, semoga anda semangat belajar linux.

Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

Post a Comment for "Instal Paket Wvdial Offline di Ubuntu 14.04 LTS"