Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Smooth Extrude pada Objek Melengkung

Desainew.com - Akhirnya saya sempet posting lagi padahal sudah saya siapkan videonya beberapa hari yang lalu. Namun untuk artikelnya baru selesai sekarang. Baik disini kita akan belajar membuat efek teks 3D dengan bantuan extension "Extrude" di inkscape tanpa berbentuk kotak-kotak alias smooth atau halus.

3d smooth extrude text effect in inkscape

Jika anda menggunakan software kelas kakap seperti Corel Draw ataupun Adobe Illustrator bahkan software pengolah bitmap seperti Adobe Photoshop mudah melakukan extrude ini. Orang awam pun bisa. Di inkscape ini, kita dituntut lebih "kreatif" lagi untuk menghasilkan efek extrude yang smooth (halus). Gambar dibawah ini adalah dasar extrude di nkscape. Kita lihat node-node salih terhubung sehingga membentuk extrude.

dasar-dasar extrude dinkscape, bagaimana dua objek path membentuk extrude 3d

Nah, kenapa kok bisa kotak-kotak itu? Mungkin anda akan bertanya-tanya seperti demikian. Oke, pada dasarnya saat kita menggunakan extension "Extrude" untuk membuat efek 3D di inkscape. Node-node pada objek depan akan dihubungkan dengan node-node objek belakang (hasil duplikat). Hasil dari extrude mungkin kurang rapi jika objeknya melengkung. Kalau objeknya kotak kasusnya beda lagi. Jadi tak perlu repot (seperti pada post sebelumnya, yang fontnya menggunakan Black Ops).

Baca juga :
http://www.desainew.com/2014/08/tutorial-efek-teks-3d-di-inkscape.html
http://www.desainew.com/2013/01/desain-teks-3d-di-inkscape.html

Nah, pertanyaannya bagaimana caranya agar efek extrude tersebut bisa halus alias smooth. Berdasarkan hasil oprekan saya, adalah dengan cara menambah banyak node. Yakni dengan memanfaatkan extension Add Nodes yang berada pada menu Extension - Modify Path - Add Nodes.

Oke, kita langsung saja mempraktekannya. Berikut tutorialnya.

1. Buatlah teks seperti biasa. Disini saya menggunakan jenis font "Oleo Script" yang bisa anda dapatkan dari situs Google Fonts. Sedangkan ukurannya 200px.

Teks 3D extrude effect di inkscape

2. Ubahlah objek teks yang telah kita buat ke path. Caranya dengan klik objek teksnya. Pilih menu Path - Object to Path. Kemudian pilih menu Object - Ungroup. Lalu pilih menu Path - Union. Teks pun berubah jadi path.

Add nodes pada teks dengan extension inkscape

3. Pada langkah ini, kita tambah node pada teks lebih banyak. Caranya dengan pilih menu Extension - Modify Path - Add Nodes. Untuk parameternya disini bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Klik Apply kalau sudah.

Jumlah Add Nodes yang ditambahkan

Bisa anda lihat. Node nya bertambah banyak yang mungkin akan memberatkan komputer anda. Jadi pertimbangkan banyaknya nodenya. Kalau komputernya kelas kakap sih tak masalah.

4. Lalu duplikat objek teksnya dengan tekan Ctrl+D. Atur sedemikian rupa seperti pada gambar bawah ini. Buat warna berbeda agar mudah melihatnya.

Duplikat objek path di inkscape

5. Seleksi kedua objek. Lalu pilih menu Extension - Generate from Path - Extrude. Pilih Polygons lalu klik Apply.

Extrude extension in inkscape

6. Pada hasil extrude akan terlihat transparan. Agar warnanya solid tidak transparan. Klik objek hasil extrude. Pastikan pada Jendela Fill dan Stroke Paint (Ctrl+Shift+F), Alpha nya "255"

Pewarnaan pada objek di inkscape

7. Masih tetap pada objek hasil extrude, Stroke style beri nilai Widthnya 0.8 px

Garis pada inkscape

8. Ubah posisi objek hasil extrude dibelakang objek utama/depan. Klik icon "Lower selection one step"

Hasil jadi extrude teks

9. Disini baru kita mengatur bagian objek depan. Warnaya saya beri warna putih. Disini saya beri stroke paint agar menutupi bagian objek extrude yang masih kurang rapi (kalau diperbesar tapi menurut saya sudah cukup rapi)

Hasil final teks 3D dengan extrude yang smooth

Jika ingin melihat versi video tutorialnya silahkan ke
https://www.youtube.com/watch?v=vacjO8AbLDg

Bagaiamana? mudah bukan? jika anda ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan hubungi saya baik lewat halaman kontak, maupun facebook. Cukup itu saja postingan kali ini. Jika ada yang kurang mohon hubungi saya. Terima kasih.



Irfan Prastiyanto
Irfan Prastiyanto Logo/Graphic/Wordpress Designer

Post a Comment for "Membuat Efek Smooth Extrude pada Objek Melengkung"