Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Efek Halftone di Gimp

Desainew - Kali ini kita akan belajar membuat efek-efek bitmap di GIMP seperti apa yang dilakukan software kelas kakap yakni Adobe Photoshop. Efek seperti apa yang dimaksud? Kita akan belajar membuat efek halftone pada foto. Pasti anda sudah mendengarnya, dan ingin mencobanya. Namun, masih belum mengetahui cara membuat efek halftone (halftone effect) pada suatu foto. Efek halftone adalah efek yang yang dibangun oleh banyak dot-dot lingkaran kecil yang beragam bentuknya membentuk sebuah gambaran atau foto sehingga lebih unik. Dan biasanya efek halftone yang saya tahu disajikan dalam satu warna. Meski begitu, kita dapat memberi warna lebih dari satu warna. Baiklah kita lihat hasil final efek halftone di Gimp

halftone effect tutorial in gimp photoshop alternative

Oke, mari kita simak tutorial efek halftone di Gimp ini. Klik tautan https://youtu.be/UY5-Dqwvx0A untuk melihat versi video tutorialnya...

1. Disini kita memakai foto "berjabat tangan" dengan bacground putih agar hasil nanti lebih siiip. Anda dapat memakai foto lain. Kalau bisa menggunakan gambar atau foto yang mempunyai background atau latar belakang putih agar efek halftone bisa fokus pada satu objek. Buka dengan memilih menu File - Open. Lalu pilih gambar yang dikehendaki. Kemudian klik Open.

Gambar jabat tangan

2. Setelah terbuka, duplikat layernya dengan klik icon duplicate atau tekan Shit+Ctrl+D. Ubah nama layernya dengan nama "Halftone"

Duplicate layer in Gimp

3. Kita ubah ke warna grayscale caranya dengan klik menu Colors - Desaturate. Setelah terbuka jendela Desaturate, pilih opsi Average. Kemudian klik Ok.

Desaturate in Gimp

4. Setelah itu, kita akan membuat lebih tajam warnanya. Caranya klik menu Colors - Levels. Pada bagian Input Levels isikan 32, 1, 232 (selengkapnya lihat gambar dibawah ini). Kalau sudah, klik Ok.

Levels in Gimp

5. Lalu kita beri efek blur, dengan cara klik menu Filters - Blur - Gaussian Blur. Pada bagian Blur Radius, isikan angka 55 pada masing-masing kolom Horizontal dan Vertical. Kemudian klik Ok.

Gaussian Blur

6. Pada langkah ini, kita akan mengubahnya ke efek halftone. Caranya dengan klik menu Filters - Distorts - Newsprint. Pada jendela Newsprint ini, anda dapat menyesuaikan misal pada bagian Cell size disini kita isikan 21 (angka di kolom ini nantinya akan mempengaruhi ukuran dot-dot lingkaran apakah akan semakin besar atau kecil).

Pada bagian Screen kita pilih opsi Intensity karena hasilnya hampir mirip dengan efek halftone. Sebenarnya kita dapat memilih opsi lain seperti RGB dan CMYK yang nilai masing-masing warna kita isikan angka 0 (nol). Namun kita tidak dapat mengatur bentuk dot-dot lingkaran membentuk lurus vertical-horizontal atau diagonal.

Saat memilih opsi Intensity, dibawahnya akan muncul Luminance, Pada bagian Angle, kita isikan dengan angka 45. Nantinya dot-dot lingkaran akan membentuk diagonal. Untuk Spot Function, kita pilih Round. Bisa dilihat pada kota Preview.

Newsprint in Gimp

Nah, pada Antialiasing kita isikan angka 15, karena semakin besar angkanya. Dot-dot lingkaran akan semakin halus atau smooth.

7. Gambar hasil efek halftone yang telah dibuat.

Halftone in Gimp

8. Jika kita ingin menghilangkan gambar tangannya. Karena backgroundnya berwarna putih, kita buat layer baru. Klik icon New layer atau Ctrl+Shift+N. Beri dengan nama "BG White", untuk layer fill type pilih opsi White. Kemudian klik Ok.

New Layer in Gimp

Ubah mode layer ke Dodge. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Layer Mode in Gimp

9. Disini kita akan buat efek vintage atau kuno. Bat layer baru (Ctrl+Shift+N), beri nama layer "Vintage Color". Layer fill typenya pilih opsi White. Klik Ok.

New Layer in Gimp

Lalu kita beri warna dengan Bucket Fill Tool (Shift+B) dengan warna 1c2c44. Kemudian ubah mode layernya ke Difference. Dan hasilnya akan seperti dibawah ini.

Layer Mode in Gimp

Cukup mudah bukan? Tidak hanya efek halftone ini saja yang bisa dibuat oleh Gimp. Masih banyak efek-efek lainnya yang belum terjamah. Oke, cukup ini saja postingan kali ini. Jika ada pertanyaan, bisa anda sampaikan pada kolom komentar dibawah ini...




Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

Post a Comment for "Tutorial Efek Halftone di Gimp"