This blog is under construction. Sorry, if the look of this blog bother you. Thank you.
May 22, 2013

Karya Animasi 1 di Blender

Desainew - Pada saat menonton film animasi yang terkenal dari luar negeri seperti yang diproduksi Pixar, Dreamworks dan kawan-kawan. Tiba-tiba saya ingin sekali seperti animator-animator di sana. Keisenganpun terjadi saat memakai blender 3D (Karya animasi kotak 3D di blender). Meski telah mengenal blender sejak dua tahun yang lalu, saya belum mencoba membuat animasi paling sederhana di software open source ini. Berbekal download ebook gratisan dari teman komunitas BARS (Blender Army Regional Surabaya) yang berjudul "Tutorial Animasi Kalen Joget di Blender". Meski Tutorialnya sederhana, tapi menurut saya sudah cukup untuk belajar dasar animasi 3D di blender.

preview hasil karya animasi di blender

Dan sayapun mempelajari ebook tersebut. namun saat mencoba ke step rigging, ada kendala. Pada saat telah diberi tulang, objek tidak mau bergerak mengikuti tulangnya. Kejadian itu terjadi setahun yang lalu. Dan tidak pernah ngutak-atik blender setelah itu.

Tapi pada saat sekarang, keinginan saya untuk membuat animasi sederhana telah terpenuhi. Meski saya hanya menggerakkan kamera (tidak menggerakkan objek karena belum menguasai rigging). Alhasil jadinya seperti video animasi sederhana dengan blender berikut ini



Jujur, video animasi kotak 3D diatas adalah karya blender animasi yang pertama. Maklum itu dihasilkan dari komputer dengan spesifikasi seadanya sehingga renderpun jadi lama (padahal belum ke simulasi partikel, fluid, asap, dkk).

Berikut adalah screenshoot proses menganimasikan yakni proses rendering di blender (saya hanya menggerakkan camera saja)

mode kamera view sebelum dirender di blender

Sedangkan di bawah ini adalah screenshoot proses rendering untuk membuat jadi video menggunakan Video Editing dari bawaan blender

video editing di blender untuk finishing animasi

Saya juga tidak tahu, enaknya diberi judul apa... Maklum masih belajar...Dari hasil animasi sederhana dengan blender ini, saya buat kesimpulan untuk diri saya sendiri mungkin bisa juga untuk buat teman-teman. Bahwa bila dengan komputer seadanya sebaiknya render beberapa frame atau beberapa adegan misal 2 atau 5 frame untuk objek kompleks yang cukup realistis. Meski proses lama, bagi saya yang penting kualitasnya. Misal kita buat animasi berdurasi 5 menit, kita asumsikan 25 frame per detik (kalau 5 menit, 1 detik saja dibutuhkan 1500 frame dan 7500 frame untuk 5 menit). Ternyata banyak ya?

Cukup ini saja pengalaman membuat animasi kotak di blender 3D ini, semoga anda terinspirasi untuk membuat animasi yang lebih baik dari saya tentunya...




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Karya Animasi 1 di Blender

2 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Blender', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4679/1/1.Dokumen%20Presentasi.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. keren gan...
    monggo kunjungan balik, kita juga punya tentang blender ^_^
    http://izat17.blogspot.com/

    ReplyDelete